RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / I
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 35
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
Indikator : 1. Mengidentifikasi 3 bagian rangka
Menjelaskan fungsi rangka
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian utama rangka
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi rangka manusia
II. Materi Pokok
- Rangka manusia dan fungsinya
III. Metode
- Tanya jawab
- Observasi gambar
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
TAHAP | URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN | ALAT DAN MEDIA | WAKTU |
Pendahuluan Kegiatan inti Penutup | v Berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk v Pre test · Apersepsi Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa “Anak-anak,bagaimana ubuh kita dapat berdiri dengan tegak?ya benar,karena tubuh kita memiliki tulang. · Motivasi Guru memberikan gambaran tentang manfaat Rangka bagi manusia · Tujuan Setelah pembelajaran ini selesai diharapkan siswa dapat mengidentifikasi Rangka Manusia Elaborasi · Guru menjelaskan dengan tayangan power point tentang cerita bergambar bertema kesehatan,dalam power point tersebut terdapat gambar dan paparan tentang rangka dan tulang manusia · Dengan bantuan guru,siswa dapat menyebutkan macam macam rangka dan fungsinya sesuai gambar tersebut RANGKA MANUSIA TENGKORAK RANGKA ANGGOTA GERAK ATAS RANGKA ANGGOTA GERAK BAWAH RANGKA BADAN · Guru menjelaskan salah satu fungsi rangka bagi kehidupan manusia · Siswa bersama guru berdiskusi tentang peran dan fungsi masing-masing rangka baik tengkorak,anggota gerak dan rangka badan manusia. · Guru menggambarkan bahwa disekirar kita terdapat bermacam-macam penyakit dan kelainan yang mungkin dapat menyerang rangka manusia EKSPLORASI . · Guru menugaskan kepada siswa untuk mencatat berbagai manfaat rangka seperti yang terdapat tayangan power point. · Guru menghyperlinkan power pointnya dengan video tentang lagu aku anak sehat. · Anak-anak bersama menyanyikan lagu aku anak sehat tersebut Ø Guru membagikan lembar evaluasi Ø Siswa mengerjakan soal evaluasi KONFIRMASI Ø Guru memberikan pekerjaan rumah materi yang telah disampaikan diatas. | Laptop,LCD,Gambar Aktifitas Rangka dan tulang manusia,LKS dan Lembar Evaluasi | 5 Menit 25 Menit 5 menit |
V. Penilaian
- Tertulis
- Lisan
VI. Alat / Bahan belajar
- Gambar rangka manusia
- Buku sains
- Guru dan anak / siswa
- LK (Lembar Kerja)
Lembar Kerja 1
Tertulis :
1. ….
Bagian rangka utama manusia 2. ….
3. ….
Rangka kepala terdiri dari tulang apa saja ?
Lisan : 1. Guna rangka kepala yaitu ….
2. Untuk melindungi kepala, pengendara sepeda motor memakai …
3. Tulang anggota gerak atas yaitu ….
4. Dimana gigi-gigi kita menempel ?
Lembar Kerja 2
No | Nama Rangka / Tulang | Fungsinya |
1. 2. 3. 4. 5. | Rangka kepala Rangka dada Tulang belakang Rangka anggota gerak bawah / kaki Tulang pipi |
Purwokerto, 2010
Mengetahui ; Guru kelas
Kepala Sekolah
SRI UTAMI,S.Pd S U N A R Y O
NIP. 196303251983042001 NIP. 197602072005011004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / I
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 4 x 35
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar : 1.2. Menerapkan cara memelihara kesehata rangka
Indikator : - Menyebutkan beberapa penyakit pada rangka
- Menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
- Mempraktekkan cara merawat rangka
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi beberapa penyakit rangka
2. Siswa dapat menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
3. Siswa dapat mempraktekkan cara merawat rangka
II. Materi Pokok
- Penyakit rangka dan cara penanggulangannya
III. Metode
- Tanya jawab
- Demontsrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
TAHAP | URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN | ALAT DAN MEDIA | WAKTU |
Pendahuluan Kegiatan inti Penutup | A.Berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk B.Pre test · Apersepsi Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa “Anak-anak,Siapa diantara yang pernah melihat nenek-nenek atau kakek-kakek berjalan bongkok dengan tongkatnya,mengapa demikian,? · Motivasi Guru memberikan gambaran tentang bermacam-macam penyakit yang menyerang tulang manusia · Tujuan Setelah pembelajaran ini selesai diharapkan siswa dapat mengidentifikasi penyakit yang menyerang tulang manusia. Elaborasi · Guru menjelaskan dengan tayangan power point tentang cerita bergambar bertema kesehatan,dalam power point tersebut terdapat gambar tentang penyakit yang menyerang rangka dan tulang manusia. KIFOSIS SKOLIOSIS LORDOSIS OSTEOROPOSIS · Dengan bantuan guru,siswa dapat menyebutkan macam macam penyakit yang menyerang rangka dan tulang manusia sesuai gambar tersebut · Guru menjelaskan tentang penyakit dan kelainan pada rangka dan tulang manusia. · Siswa bersama guru berdiskusi tentang berbagai sebab penyakit dan kelainan pada rangka dan tulang manusia manusia. · Guru menggambarkan bahwa disekirar kita terdapat bermacam-macam penyakit yang mungkin dapat menyerang rangka dan tulang manusia EKSPLORASI . · Guru menugaskan kepada siswa untuk mencatat berbagai jenis penyakit dan kelaianan seperti yang terdapat tayangan power point. · Guru menghyperlinkan power pointnya dengan video tentang lagu bertema kesehatan · Anak-anak bersama menyanyikan lagu bertema kesehatan tersebut Ø Guru membagikan lembar evaluasi Ø Siswa mengerjakan soal evaluasi KONFIRMASI Ø Guru memberikan pekerjaan rumah materi yang telah disampaikan diatas. | Laptop,LCD,Gambar Aktifitas,penyakit Rangka dan tulang mabusia,LKS dan Lembar Evaluasi | 5 Menit 25 Menit 5 menit |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar