halaman

Rabu, 27 April 2011

RPP IPA Kelas IV Untuk Sekolah Dasar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran                 :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester              :     IV / I
Pertemuan                        :     1 dan 2
Alokasi Waktu                 :     4 x 35
Standar Kompetensi         :     1.     Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar            :     1.1.  Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
Indikator                          :     1.     Mengidentifikasi 3 bagian rangka
                                                      Menjelaskan fungsi rangka
           

I.      Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian utama rangka
2.   Siswa dapat menjelaskan fungsi rangka manusia

II.    Materi Pokok
-     Rangka manusia dan fungsinya

III.   Metode
-     Tanya jawab
-     Observasi gambar

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

TAHAP
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT DAN MEDIA
WAKTU
Pendahuluan


















  


Kegiatan inti


















    






Penutup







v     Berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk
v     Pre test


·        Apersepsi
Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa “Anak-anak,bagaimana ubuh kita dapat berdiri dengan tegak?ya benar,karena tubuh kita memiliki tulang.
·        Motivasi
Guru memberikan gambaran tentang manfaat Rangka bagi manusia

·        Tujuan
Setelah pembelajaran ini selesai diharapkan siswa dapat mengidentifikasi Rangka Manusia

Elaborasi

·            Guru menjelaskan dengan tayangan power point tentang cerita bergambar bertema kesehatan,dalam power point tersebut  terdapat gambar  dan paparan tentang rangka dan tulang manusia
·            Dengan bantuan guru,siswa dapat menyebutkan macam macam rangka dan fungsinya sesuai gambar tersebut



RANGKA MANUSIA

TENGKORAK
RANGKA ANGGOTA GERAK ATAS
RANGKA ANGGOTA GERAK BAWAH


RANGKA BADAN


·            Guru menjelaskan salah satu fungsi rangka bagi kehidupan manusia
·            Siswa bersama guru berdiskusi tentang peran dan fungsi masing-masing rangka baik tengkorak,anggota gerak dan rangka badan manusia.
·            Guru menggambarkan bahwa disekirar kita terdapat bermacam-macam penyakit dan kelainan  yang mungkin dapat menyerang rangka manusia

EKSPLORASI
.
·            Guru menugaskan kepada siswa untuk mencatat berbagai manfaat rangka  seperti  yang terdapat tayangan power point.
·            Guru menghyperlinkan power pointnya dengan video tentang lagu aku anak sehat.
·            Anak-anak bersama menyanyikan lagu aku anak sehat  tersebut

Ø         Guru membagikan lembar evaluasi
Ø         Siswa mengerjakan soal evaluasi

KONFIRMASI

Ø         Guru memberikan pekerjaan rumah materi yang telah disampaikan diatas.


Laptop,LCD,Gambar Aktifitas Rangka dan tulang manusia,LKS dan Lembar Evaluasi
5 Menit





















25 Menit
























5 menit

V.    Penilaian
-     Tertulis
-     Lisan


VI.   Alat / Bahan belajar
-     Gambar rangka manusia
-     Buku sains
-     Guru dan anak / siswa
-     LK (Lembar Kerja)


Lembar Kerja 1
Tertulis :
                                                      1. ….
Bagian rangka utama manusia          2. ….
                                                      3. ….
Rangka kepala terdiri dari tulang apa saja ?

Lisan :      1. Guna rangka kepala yaitu ….
                2. Untuk melindungi kepala, pengendara sepeda motor memakai …
                3. Tulang anggota gerak atas yaitu ….
                4. Dimana gigi-gigi kita menempel ?


Lembar Kerja 2
No
Nama Rangka / Tulang
Fungsinya
1.
2.
3.
4.
5.
Rangka kepala
Rangka dada
Tulang belakang
Rangka anggota gerak bawah / kaki
Tulang pipi


                                                                                                        Purwokerto,      2010
                  Mengetahui ;                                                                          Guru kelas
                Kepala Sekolah



             SRI UTAMI,S.Pd                                                                S U N A R Y O
      NIP. 196303251983042001                                                NIP. 197602072005011004


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran                 :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester              :     IV / I
Pertemuan                        :     3 dan 4
Alokasi Waktu                 :     4 x 35
Standar Kompetensi         :     1.     Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar            :     1.2.  Menerapkan cara memelihara kesehata rangka
Indikator                          :     -       Menyebutkan beberapa penyakit pada rangka
                                              -       Menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
                                              -       Mempraktekkan cara merawat rangka
           
I.      Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat mengidentifikasi beberapa penyakit rangka
2.   Siswa dapat menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
3.   Siswa dapat mempraktekkan cara merawat rangka

II.    Materi Pokok
-     Penyakit rangka dan cara penanggulangannya

III.   Metode
-     Tanya jawab
-     Demontsrasi

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

TAHAP
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT DAN MEDIA
WAKTU
Pendahuluan


















  


Kegiatan inti


















    






Penutup







A.Berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk
B.Pre test


·        Apersepsi
Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa “Anak-anak,Siapa diantara yang pernah melihat nenek-nenek atau kakek-kakek berjalan bongkok dengan tongkatnya,mengapa demikian,?
·        Motivasi
Guru memberikan gambaran tentang bermacam-macam penyakit yang menyerang tulang manusia

·        Tujuan
Setelah pembelajaran ini selesai diharapkan siswa dapat mengidentifikasi penyakit yang menyerang tulang manusia.

Elaborasi

·            Guru menjelaskan dengan tayangan power point tentang cerita bergambar bertema kesehatan,dalam power point tersebut  terdapat gambar tentang penyakit yang menyerang rangka dan tulang manusia.
KIFOSIS
SKOLIOSIS
LORDOSIS
OSTEOROPOSIS

·            Dengan bantuan guru,siswa dapat menyebutkan macam macam penyakit yang menyerang rangka dan tulang manusia sesuai gambar tersebut
·            Guru menjelaskan tentang penyakit dan kelainan pada rangka dan tulang manusia.
·            Siswa bersama guru berdiskusi tentang berbagai sebab penyakit dan kelainan pada rangka dan tulang manusia manusia.
·            Guru menggambarkan bahwa disekirar kita terdapat bermacam-macam penyakit yang mungkin dapat menyerang rangka dan tulang manusia

EKSPLORASI
.
·            Guru menugaskan kepada siswa untuk mencatat berbagai jenis penyakit dan kelaianan seperti  yang terdapat tayangan power point.
·            Guru menghyperlinkan power pointnya dengan video tentang lagu bertema kesehatan
·            Anak-anak bersama menyanyikan lagu bertema kesehatan tersebut

Ø         Guru membagikan lembar evaluasi
Ø         Siswa mengerjakan soal evaluasi

KONFIRMASI

Ø         Guru memberikan pekerjaan rumah materi yang telah disampaikan diatas.


Laptop,LCD,Gambar Aktifitas,penyakit   Rangka dan tulang mabusia,LKS dan Lembar Evaluasi
5 Menit





















25 Menit
























5 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar