halaman

Rabu, 27 April 2011

www.banyumaskab.go.id/home/index.php
http://pdkjateng.go.id/
http://www.sekolahkami.com/banksoal/

Daftar Judul PTK Kabupaten Banyumas

DAFTAR NAMA PESERTA BIMBINGAN
PENYUSUNAN PROPOSAL KELAS B ANGKATAN 2008
KABUPATEN BANYUMAS


1 Susilo Tri Santoso 282008047 

UPAYA PENINGKATKAN PEMAHAMAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
DENGAN MANIK-MANIK POSITIF DAN NEGATIF MELALUI MODEL
KERJA KELOMPOK PADA PELAJARAN MATEMATIKAKELAS IV
SEMESTER II DI SD NEGERI 3 KARANGGUDE
UPK KARANGLEWAS
KABUPATEN BANYUMAS
TAHUN 2010/2011



2 W i d i 282008053 

PENINGKATAN PENGUASAAN PENGOLAHAN DATA MELALUI SOAL CERITA
DENGAN PENDEKATAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS VI SEMESTER II
SD NEGERI II WANGON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS
TAHUN PELAJARAN 2010/2011



3 M a r g o n o 282008065 

PENGGUNAAN PETA TALI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MEMBACA PETA BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KALISALAK
UPK KEBASEN BANYUMAS PADA SEMESTER II TAHUN 2010/2011


4 Tati Hendrawati 282008056 

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI PANAS MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CTL MELALUI BENDA NYATA PADA KELAS IV
SD NEGERI 1PUWOSARI KECAMATAN BATURADEN
KABUPATEN BANYUMAS




5 R a s i m 282008062

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG CAHAYA MELALUI
METODE DEMONTRASI MENGGUNAKAN PERISKOP
DI KELAS V SDN 3 KALISALAK
UPK KEBASEN BANYUMAS
PADA SEMESTER II
TAHUN 2010/2011




6 S a p i n 282008059 

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA KELAS V TENTANG KETRAMPILAN BERBAHASA LISAN
MELALUI METODE SOSIO DRAMA DI SD NEGERI SEMINGKIR
UPK KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS




7 W a g i n o 282008050 

UPAYA PENGUASAAN OPERASI BILANGAN BULAT MELAUI PENDEKATAN
KETRAMPILAN PROSES DENGAN MODEL KERJA KELOMPOK
BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGERAJI SEMESTER II
UPK CILONGOK TAHUN 2010/2011




8 S u d i r m a n 282008099 

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI PENGURANGAN
BILANGAN BULAT DENGAN DEMONSTRASI TUTOR SEBAYA
KELAS IV SD NEGERI 2 CIKAWUNG PADA SEMESTER II
TAHUN AJARAN 2010/2011



9 Sunaryo 282008067


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI ALAT
KONOMUNIKASI DAN INFORMASI MELALUI PEMBELAJARAN
DENGAN GAME INTERAKTIF PADA SISWA
KELAS 4 SDN 4 BANCARKEMBAR
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


10 Imam Triyanto 282008060 

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
TENTANG KEGIATAN PEREKONOMIAN
MELALUI PENDEKATANKONSEPTUAL
PADA SISWA KELAS IVSEMESTER 2
SDN KARANGLO
TAHUN 2010/2011


11 Surono 282008048 

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
TENTANG MENGGUNAKAN PECAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH
MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMANFAATAN LKS
BAGI SISAWA KELAS V SDN 2 TANJUNG
PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

12 Sarwoto 282008066 

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PROSA DESKRIPSI
DENGAN MODEL DESKRIPSI OBYEK RIIL (DOR) PADA SISWA KELAS V
SDN 2 SUMAMPIR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA
KABUPATEN BANYUMAS
TAHUN PELAJARAN 2010/2011



13 Nurmiah 282008100 

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELAUI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI
PADA SISWA KELAS IV
SDN 2 KALISALAK



14 Edi Sukirso 282008057 

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELAUI TEKNIK MAKE A MATCH
PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KRADENAN
SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011




15 Mujio 282008054

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PENGGUNAAN
LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS V
SEMESTER II SDN 2 WLAHAR KECAMATAN WANGON
KABUPATEN BANYUMAS




16 Warsiti Widiasih 282008061 

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS
MENGENAL PENTINGNYA KOPRASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
SISWA KELAS V DI SDN 2 KANDING SEMESTER 2
TAHUN 2010/2011


17 EW Sri Aji Sudiastuti 282008055 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI
BENDA-BENDA KONKRET YANG ADA DI RUANG KELAS
BAGI SISWA KELAS I SDN PASIRAM LOR
KECAMATAN PEKUNCEN SEMESTER 2
TAHUN2010/2011


18 Kustono 282008063 

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PENGEMBANGAN EKONOMI
MASYARAKAT MELAUI SOSIO DRAMA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KARANGGUDE
SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011

19 Erly Astuti 282008064 

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI MELALUI PENGGUNAAN
MICROSOFT OFFICE POWER POINT DI KELAS 4 SEMESTER II
SDN 1 SAMBIRATA KECAMATAN CILONGOK
TAHUN 2010/2011







20 Dyah Utami 282008052

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS HURUF
TEGAK BERSAMBUNG MELALUI CONTOH DAN ALAT BANTU
GARIS BERNOMOR PADA SISWA KELAS II
SDN 3 KLAPAGADING SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


21Anna Tatik Parwati 202008058 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
TENTANG JARING-JARING BANGUN RUANG MELALUI DEMONTRASI
BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 RAWAHENG
SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011




22 Kasan 282008049 

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN BACAAN
MELALUI LATIHAN BERJENJANG PADA KLAS 5 SDN.2 WANGON
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

23 Muslih 282008051 

UPAYAMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS
MELALUI METODE KOOPRATIF MODEL STAD
PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SOKAWERA
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Formulir Pendaftaran Wisuda Sarjana UKSW

Formulir Pendaftaran Ujian Sarjana melalui Ujian eTA
Program PJJ S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP
Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

1. Nama Lengkap : …………………………………………………………………………………………
Nomor Induk Mahasiswa : …………………………………………………………………………………………
Program Studi : Program PJJ S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tempat / Tanggal Lahir : …………………………………………………………………………………………
Alamat Asal : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
2. Mulai kuliah di FKIP tahun : …………………………………………………………………………………………
Lama studi di FKIP : …………………………………………………………………………………………
3. Asal SMA / SMK / D2 : …………………………………………………………………………………………
No. Ijasah : …………………………………………………………………………………………
Tanggal Ijasah : …………………………………………………………………………………………
4. Judul Skripsi : …………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
5. Pembimbing : 1. …………………………………………………………………………………….
2. …………………………………………………………………………………….
No Persyaratan Ujian Jumlah Keterangan
1. Foco ijasah D2 (legalisir) 2 lembar
2. Foco transkrip nilai S1 dan D2 (legalisir) 2 lembar
3. Foco halaman judul 2 lembar
4. Foco abstrak 2 lembar
5. Pas foto (hitam putih-DOP), telinga kelihatan ukuran 4 X 6 Cm 10 lembar
6. Menyerahkan print out skripsi yang belum dijilid 2 eks
7. Menyerahkan print out E-TA yang belum dijilid 3 eks
8. CD E-TA dan skripsi 1 keping
9. Kuitansi pelunasan pembayaran uang kuliah 1 lembar
Salatiga, …………………………. 2010


(………..……………………………………………………)
Nama Mahasiswa

Menyetujui telah memenuhi persyaratan Akademik,
Wali Studi, Koordinator PJJ S1 PGSD


(…………………………………………………………) (Drs. Susiyanto, M.Pd)









PROGRAM PJJ S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

BERITA ACARA BIMBINGAN SKRIPSI

Berdasarkan surat keptusan Dekan FKIP UKSW, perihal penunjukan Dosen Pembimbing:
1. Nama : Drs. Nyoto Hardjono
Pangkat / Golongan : III
Jabatan : Dosen
2. Nama : Herry Sanoto, S.Si., M.Pd
Pangkat : III A
Jabatan : Dosen
Dengan ini menyatakan bahwa mahasiswa yang tersebut di bawah ini sedang dalam proses bimbingan skripsi:
Nama : ……………………………………………………………………….
NIM : ……………………………………………………………………….
Progdi : PJJ S1 PGSD FKIP UKSW
Judul Skripsi : ……………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………
NO TAHAPAN TANGGAL KETERANGAN
1. Penunjukan Pembimbing Desember 2010
2. Proposal Januari 2011
3. Rencana Penelitian Februari 2011
4. Kerangka Skripsi Februari 2011
5. Pengumpulan Data Maret 2011
6. Analisis Data April 2011
7. Penyusunan Laporan / Penulisan Skripsi Mei 2011

Demikian berita acara bimbingan skripsi ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan seperlunya oleh pihak-pihak yang bersangkutan.
Pembimbing 1 Pembimbing 2

(…………………………………………………………) (…………………………………………………………)

Bank soal Kelas 1(LKS 3) Sekolah Dasar

Lembar Kerja Siswa Minggu III
(Matematika)
A. Pertemuan I
I. Isilah titik-titik dibawah ini dengan angka yang sesuai.
1. 147 = .........ratusan + ........puluhan + .......satuan
2. 214 = .........ratusan + ........puluhan + ........satuan
3. 133 = .........ratusan + ........puluhan + ........satuan
4. .......= 2 ratusan + 9 puluhan + 8 satuan
5. .......= 4 ratusan + 2 puluhan + 3 satuan

2. Kunci jawaban
1. 1 ratusan + 4 puluhan + 7 satuan
2. 2 ratusan + 1 puluhan + 4 satuan
3. 1 ratusan + 3 puluhan + 3 satuan
4. 298
5. 423

3. Pedoman Penilaian
• Setiap butir soal dijawab benar diberi scor 1
Jika salah diberi scor 0
• Scor maximal 5
• Nilai scor akhir jumlah scor yang diperoleh dikalikan 20
4. Tabel Penilaian
Scor yang diperoleh Nilai
1 20
2 40
3 60
4 80
5 100

I Lembar Kerja Siswa
B. Pertemuan II
Ayo isilah titik-titik dibawah ini !
1. 147 = 100 + .......+.......
2. 214 = .......+ .......+.......
3. 133 = .......+ .......+.......
4. .......= 200 + 90 + 8
5. ....... = 400 + 20 + 3

2. Kunci Jawaban
1. 100 + 40 + 7
2. 200 + 10 + 4
3. 100 + 30 + 3
4. 298
5. 423
3. Pedoman Penilaian
• Setiap butir soal dijawab benar diberi scor 1
Jika salah diberi scor 0
• Scor maximal 5
• Nilai scor akhir jumlah scor yang diperoleh dikalikan 20

4. Tabel Penilaian
Scor yang diperoleh Nilai
6 20
7 40
8 60
9 80
10 100

C. Pertemuan 3
I. Tentukan nilai tempat bilangan di bawah ini !
1. 332 = Angka 3 menempati tempat .........
Angka 3 menempati tempat .........
Angka 2 menempati tempat .........
2. 461 = Angka 4 menempati tempat .........
Angka 6 menempati tempat .........
Angka 1 menempati tempat .........
3. 472 = Angka 4 menempati tempat .........
Angka 7 menempati tempat .........
Angka 2 menempati tempat .........
4. 278 = Angka 8 menempati tempat .........
Angka 7 menempati tempat .........
Angka 2 menempati tempat .........
5. 284 = Angka 2 menempati tempat .........
Angka 4 menempati tempat .........
Angka 8 menempati tempat .........

2. Kunci Jawaban
1. ratusan, puluhan, satuan
2. ratusan, puluhan, satuan
3. ratusan, puluhan, satuan
4. satuan, puluhan, ratusan
5. ratusan, satuan, puluhan

3. Pedoman Penilaian
1. Setiap butir soal dijawab benar di beri scor 3
2. Jika salah diberi scor 0
3. scor maximal 15
4. Nilai scor akhir jumlah scor yang diperoleh dikalikan 2 dibagi 3

4. Tabel Penilaian
Scor yang diperoleh Nilai Scor yang diperoleh Nilai Scor yang diperoleh Nilai
2 0,6 12 40 22 73
4 1,3 14 47 24 80
6 20 16 53 26 87
8 27 18 60 28 93
10 33 20 67 30 100



IPS

Soal IPS dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Penerbit Cempaka Putih kesas II halaman 38
Bentuk tes : tertulis
Ayo menjawab pertanyaan !
1. Apakah yang dimaksud dengan peristiwa penting ?
2. Sebutkan peristiwa penting yang terjadi dalam keluargamu !
3. Bagaimana caramu menemukan peristiwa-peristiwa penting dalam keluarga ?
4. Bagaimana caramu mengurutkan peristiwa-peristiwa penting dalam keluarga ?
5. Mengapa kebiasaan buruk harus ditinggalkan ?
Kunci jawaban
1. Peristiwa penting yaitu peristiwa yang telah terjadi dan amat berharga bagi sebuah keluarga
2. Pernikahan ayah dan ibu, pindah rumah baru
3. dengan cara melihat album foto, bertanya kepada orang tua
4. Diurutkan sesuai waktu kejadiannya
5. Karena kebiasaan buruk akan berakibat tidak baik

Scor nilai : 5 x 10 = 50
Na = Jumlah scor betul x 100
50


Pertemuan 2
Urutkanlah berbagai peristiwa ini mulai dari yang paling awal !
No Peristiwa Urutan Peristiwa yang Benar
1 Ayah dan ibu menikah 1. …………………………………..
2. Kamu masuk Sekolah Dasar 2. …………………………………...
3. Kakek dan Nenek menikah 3. ……………………………………
4. Kamu lahir 4. …………………………………...
5. Ulang tahunmu yang pertama 5. ……………………………………

2. Kunci jawaban
1. Kakek dan Nenek menikah
2. Ayah dan Ibu menikah
3. Kamu lahir
4. Ulang tahunmu yang pertama
5. kamu masuk sekolah dasar

3. Pedoman Penilaian
1. Scor nilai 5 x 10 = 50
2. Scor nilai akhir : Jumlah scor betul x 100
50




PKN
Apa yang kamu lakukan bila kamu melihat peristiwa dibawah ini ?

2. Kunci Jawaban
1. Meminjamkan pensil untuk teman
2. Membantu
3. Membantu membawakan buku
4. Menghiburnya
3. Scor nilai akhir : - Jumlah soal yang dijawab betul dikalikan 25
- Scor maksimal 100

A. Pertemuan 2
I. Isilah titik-titik dibawah ini dengan betul !
1. Orang yang suka memberi bantuan disebut.......
2. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh ........
3. Kewajibanmu terhadap anak yatim piatu adalah........
4. Panti asuhan adalah tempat untuk menampung.........
5. Pertolongan yang diberikan kepada orang lain hendaknya diberikan dengan rasa.......

2. Kunci jawaban
1. Dermawan
2. Negara
3. mengasihi
4. Anak-anak yatim piatu
5. ikhlas

3. Pedoman Penilaian
1. Setiap butir soal yang benar diberi scor 1-20
Jika salah diberi nilai 0
2. Scor nilai akhir butir soal yang benar dikalikan 20
3. Scor maksimal 100




BAHASA INDONESIA
PERTEMUAN I

Soal Bahasa Indonesia Hal 19 Kelas 2 Buku Bahasa Kita Bahasa Indonesia. Karangan A. Malik Thachir, dkk. Penerbit Erlangga.

A. Simaklah cerita yang akan dibacakan oleh gurumu lalu jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Dimana Nenek tinggal saat kecil ?
Jawab :
2. Bagaimana udara di desa ?
Jawab :
3. Mengapa nenek sembunyi dalam tanah ?
Jawab :
4. Apa pesan nenek untuk cucunya ?
Jawab :
5. Orang yang bagaimana yang disebut buta huruf ?
Jawab :

B. Kunci Jawaban
1. Nenek tinggal di desa
2. Udara di desa sangat sejuk
3. Karena takut jika jepang datang
4. Agar rajin sekolah
5. Orang tidak bisa menjawab.

C. Pedoman Penilaian
1. Scor setiap butir soal yang benar 1 – 4
Jika salah scornya 0
2. Scor maksimal 20
3. Scor nilai akhir : Scor nilai yang diperoleh
20




PERTEMUAN 2

Soal Bahasa Indonesia dari Buku Bahasa Kita Bahasa Indonesia Kelas II Karangan A. Malik Thachir, dkk Penerbit Erlangga halaman 26

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan kata yang tepat!
1. Pagi-pagi, Dita.......tidur.
2. Bangun tidur, Dita langsung..........dan gosok gigi.
3. Setelah sarapan, ia pamit kepada..........dan ibunya.
4. Kelas harus selalu ............dan rapi.
5. Saya sangat..........diajak pergi oleh ayah dan ibu.

B. Kunci Jawaban
1. Bangun
2. Mandi
3. Ayah
4. Bersih
5. Senang

C. Pedoman Penilaian
1. Setiap butir soal yang dijawab betul scor 4
Jika salah 0
2. Scor maksimal 20
3. Scor nilai akhir: Jumlah scor yang betul x 100
20




PERTEMUAN 3

Soal Bahasa Indonesia dari Buku Bahasa Indonesia Seri Tematik kelas II halaman 16 karangan MG. Hesti Puji Rastuti Anton Suparyanta, Y. Budi Artati Penerbit Intan Pariwara.

A. Ceritakan kegiatan yang kamu lakukan setiap hari sampaikan secara urut.
Tulislah dengan kalimat jelas dan baik.

B. Kunci Jawaban
Kebijaksanaan Guru

C. Pedoman Penilaian
Cerita Baik sekali Scor 85 – 100
Baik Scor 75 – 84
Cukup Scor 65 – 74

Pertemuan 4

Soal Bahasa Indonesia Penerbit Intan Pariwara Kelas 2 halaman 19

A. Bacalah puisi itik yang lucu dengan intonasi dan ekspresi yang tepat!

B. Format penilaian

No Nama Aspek yang dinilai
Intonasi Lafal Ekspresi Jumlah





Bobot 40 30 30 100























































PERTEMUAN 5

Soal Bahasa Indonesia dari Buku Bahasa Indonesia Kelas 2 halaman 30 Penerbit Intan Pariwara

A. Bacalah teks bacaan kelasku !
Coba ceritakan kesimpulan teks kelasku secara lisan di depan kelas !

B. Pedoman Penilaian
Kebijaksanaan Guru.



Mari, mencoba menyimpulkan bacaan berikut !

Kelasku


Aku duduk di kelas dua.
Kelasku bersih dan rapi.

Setiap hari kelasku dibersihkan.
Aku dan teman-teman piket bergiliran
Ada yang menyapu lantai.
Ada yang membersihkan kursi dan meja.
Ada pula yang menyiapkan peralatan guru.

Aku melakukan kegiatan itu dengan senang.
Teman-temanku pun senang melakukannya.

Kelasku paling rapi di antara kelas lain.
Guru-guru memuji kebersihan kelasku.
Aku senang belajar di kelasku.
Kelasku kelas yang menyenangkan.


Kamu telah membaca bacaan diatas.
Apakah kamu bisa menyimpulkan bacaan itu ?
Coba, ceritakan kesimpulan secara lisan!
PERTEMUAN 6

Soal Bahasa Indonesia dari Buku Bahasa Indonesia hal 25 kelas II Penerbit Intan Pariwara
Dikte !
Tulislah kalimat yang di baca guru!
Tulislah dengan huruf tegak bersambung dan huruf kapital yang tepat !
1. Ayah memelihara ayam itik dan burung
2. Setiap hari Nita memberi makan itik
3. Ayam Cecep bertelur setiap pagi
4. Wayan Parta berasal dari suku Bali
5. Dani membaca buku timun emas

Kunci Jawaban
1. Ayah memelihara itik dan burung
2. Setiap hari Nita memberi makan itik
3. Ayam Cecep bertelur setiap pagi
4. Wayan Parta berasal dari suku Bali
5. Dani membaca buku Timun Emas

Pedoman Penilaian
1. Setiap butir soal yang betul nilai 1-4
2. Jika salah nilai 0
3. Scor maksimal 20
4. Scor nilai akhir: Jumlah Scor yang didapat x 100
20

Bank soal Kelas 1(LKS 2) Sekolah Dasar

LEMBAR KERJA MINGGU KE-2


Pertemuan ke - 1
A. MATEMATIKA ( Buku Matematika Intan Pariwara, hal : 3 )
Kerjakan soal di bawah ini !
1. 140 = . . . ratusan + . . . puluhan + . . . satuan
2. 456 = . . . ratusan + . . . puluhan + . . . satuan
3. 178 = . . . ratusan + . . . puluhan + . . . satuan
4. 110 = . . . ratusan + . . . puluhan + . . . satuan
5. 209 = . . . ratusan + . . . puluhan + . . . satuan
Kunci jawaban :
1. 1 ratusan + 4 puluhan + 0 satuan
2. 4 ratusan + 5 puluhan + 6 satuan
3. 1 ratusan + 7 puluhan + 8 satuan
4. 1 ratusan + 1 puluhan + 0 satuan
5. 2 ratusan + 0 puluhan + 9 satuan

B. BAHASA INDONESIA ( Buku Intan Pariwara, hal : 6 – 10 )
Buatlah kalimat tanya dengan menggunakan kata-kata tanya di bawah ini !
1. Apa
2. Dimana
3. Siapa
4. Mengapa
5. Bagaimana
Kunci jawaban :
1. Apa yang kau cari ?
2. Dimana kamu melihat Si Manis ?
3. Siapa nama anak baru itu ?
4. Mengapa Nita merasa girang ?
5. Bagaimana Si Manis dapat ditemukan ?


C. BAHASA JAWA ( Kulina Bahasa Jawa, hal : 4 )
Wangsulana pitakon ing ngisor iki !
1. Sapa jenengmu ?
a. Basa umum utawa lumrah = . . . .
b. Basa padinan utawa dialek = . . . .
c. Basa krama = . . . .
2. Ngendi omahe Kiki ?
a. Basa umum utawa lumrah = . . . .
b. Basa padinan utawa dialek = . . . .
c. Basa krama = . . . .

Kunci jawaban :
1. a. Jenengku Rizki Putri Pratiwi.
b. Aku arane Rizki Putri Pratiwi.
c. Nami kula Rizki Putri Pratiwi.
2. a. Omahe Kiki ana ing Sendang Mulya No. 64 Semarang.
b. Panggonane Kiki ana Sendang Mulya No. 64 Semarang.
c. Dalemipun Kiki wonten ing Sendang Mulya No. 64 Semarang.

Pertemuan ke - 2
A. MATEMATIKA ( Buku Matematika Cempaka Putih, hal : 4 )
Tuliskan nama bilangan dan lambang bilangannya !
























Kunci jawaban :
1. Nama bilangan dua ratus enam puluh empat. Lambangnya 264
2. Nama bilangan tiga ratus tujuh puluh tiga. Lambangnya 373
3. Nama bilangan seratus sepuluh. Lambangnya 110
4. Nama bilangan dua ratus enam. Lambangnya 206
5. Nama bilangan empat ratus sembilan puluh sembilan. Lambangnya 499

B. I P S ( Buku IPS Cempaka Putih, hal : 15 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Apa saja koleksi barang keluarga lainnya ?
2. Apakah kamu juga merawatnya ?
3. Bagaimana cara merawatnya ?
4. Apa manfaat merawat barang keluarga ?
5. Siapakah yang merawat dokumen ?
Kunci jawaban :
1. Foto keluarga
2. Ya
3. Disimpan di tempat yang aman ( almari )
4. Agar tidak rusak
5. Ayah, ibu dan anak

C. BAHASA INDONESIA ( Buku Cempaka Putih, hal : 44 )
Jawablah pertanyaan berikut ini !
1. Kapan kamu bangun tidur ?
2. Apa yang kamu lakukan setelah bangun tidur ?
3. Kapan kamu berangkat ke sekolah ?
4. Apa yang kamu lakukan sepulang sekolah ?
5. Kapan kamu mulai belajar malam ?
Kunci jawaban :
1. Pukul 5.00 pagi
2. Membersihkan tempat tidur, mandi, sholat, sarapan
3. Pukul 6.30 pagi
4. Melepas sepatu, mengganti seragam, makan siang, sholat
5. Pukul 19.00 – 21.00

Pertemuan ke - 3
A. MATEMATIKA ( Buku Matematika Cempaka Putih, hal : 5 )
Kerjakan soal di bawah ini !
1. Bilangan 176 Tempat ratusan diisi angka 1
Tempat puluhan diisi angka 7
Tempat satuan diisi angka . . . .
2. Tempat ratusan diisi angka 4
Tempat puluhan diisi angka 1
Tempat satuan diisi angka 0
Aku adalah bilangan . . . .
3. Tempat ratusan diisi angka 2
Tempat puluhan diisi angka 0
Tempat satuan diisi angka 9
Aku adalah bilangan . . . .

4. Tempat ratusan diisi angka 7
Tempat puluhan diisi angka 6
Tempat satuan diisi angka 3
Aku adalah bilangan . . . .
5. Tempat ratusan diisi angka 9
Tempat puluhan diisi angka 4
Tempat satuan diisi angka 0
Aku adalah bilangan . . . .

Kunci jawaban :
1. 6
2. 410
3. 209
4. 763
5. 940

B. BAHASA INDONESIA ( Buku Intan Pariwara, hal : 45 )
Amatilah gambar di bawah ini !
Gambar-gambar berikut menceritakan kegiatan sehari-hari Kiki.
Urutkan gambar tersebut menjadi urutan yang benar !












Kunci jawaban : urutan gambar yang benar adalah :
1. Gambar No. 2 5. Gambar No. 8
2. Gambar No. 1 6. Gambar No. 3
3. Gambar No. 5 7. Gambar No. 6
4. Gambar No. 8 8. Gambar No. 4

Pertemuan ke - 4
A. BAHASA INDONESIA ( Buku Intan Pariwara, hal : 28 – 29 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Dimana Salman tinggal ?
2. Bagaimana Salman berangkat ke sekolah ?
3. Apa yang dilihat Salman di tanah lapang ?
4. Mengapa Salan di tanah lapang ?
5. Apa judul bacaan itu ?
Kunci jawaban :
1. Di desa Babadan.
2. Berjalan kaki.
3. Melihat sapid dan kambing.
4. Karena di desa udaranya segar.
5. Salman.

B. PKn ( Buku PKn Cempaka Putih, hal : 4 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Apa yang dimaksud dengan bergotong-royong ?
2. Sebutkan 2 kegiatan yang dilakukan dengan bergotong-royong ?
3. Beri contoh cara bergotong-royong di sekolah ?
4. Hidup gotong-royong sebaiknya dilaksanakan sejak kapan ?
5. Agar pekerjaan lebih ringan dilaksanakan dengan cara apa ?
Kunci jawaban :
1. Pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama.
2. Membersihkan got, memperbaiki rumah tetangga yang rusak.
3. Piket di kelas.
4. Sejak kecil.
5. Gotong-royong.

C. IPA ( Buku IPA Intan Pariwara, hal : 33 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Siapa yang mengerami telur ayam ?
2. Apa yang terjadi setelah telur ayam dierami ?
3. Apa saja bagian tubuh yang bertamabh besar ?
4. Apa saja bagian tubuh yang bertambah panjang ?
5. Berapa hari ayam mengerami telurnya ?
Kunci jawaban :
1. Induk ayam.
2. Menetas.
3. Badan.
4. Kaki dan leher.
5. 21 hari.

Pertemuan ke - 5
A. BAHASA INDONESIA ( Buku Intan Pariwara, hal : 33 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Siapa yang masuk sekolah taman kanak-kanak ?
2. Apa warna seragam sekolah TK itu ?
3. Apa warna tas Reza ?
4. Siapa yang mengantar Reza ke sekolah ?
5. Mengapa Reza menangis di sekolah ?
Kunci jawaban :
1. Reza
2. Biru putih
3. Biru
4. Mama
5. Karena takut

B. IPS ( Buku IPS Cempaka Putih, hal : 7 )
Perhatikan gambar berikut !
Apa saja yang termasuk dokumen ?


















Kunci jawaban :
1. Bukan dokumen 4. Dokumen
2. Dokumen 5. Bukan dokumen
3. Dokumen 6. Dokumen

C. MATEMATIKA ( Buku Matematika Cempaka Putih, hal : 5 )
Kerjakan soal di bawah ini !
1. Bilangan 176 Tempat ratusan diisi angka 1
Tempat puluhan diisi angka . . . .
Tempat satuan diisi angka . . . .

2. Bilangan 410 Tempat ratusan diisi angka . . . .
Tempat puluhan diisi angka . . . .
Tempat satuan diisi angka 0
3. Bilangan 209 Tempat ratusan diisi angka . . . .
Tempat puluhan diisi angka . . . .
Tempat satuan diisi angka 9
4. Bilangan 763 Tempat ratusan diisi angka . . . .
Tempat puluhan diisi angka 6
Tempat satuan diisi angka . . . .
5. Bilangan 940 Tempat ratusan diisi angka . . . . Tempat puluhan diisi angka . . . .
Tempat satuan diisi angka 0

Kunci jawaban :
1. Puluhan = 7 4. Ratusan = 7
Satuan = 6 Satuan = 3
2. Ratusan = 4 5. Ratusan = 9
Puluhan = 1 Puluhan = 4
3. Ratusan = 2
Puluhan = 0

Pertemuan ke - 6
A. MATEMATIKA ( Buku Matematika Cempaka Putih, hal : 5 )
Selesaikan soal di bawah ini !
1. Aku bilangan 475 Tempat ratusan diisi bilangan . . . .
Tempat puluhan diisi bialngan . . . .
Tempat satuan diisi bilangan . . . .
2. Aku bilangan 763 Tempat ratusan diisi bilangan . . . .
Tempat puluhan diisi bialngan . . . .
Tempat satuan diisi bilangan . . . .
3. Aku bilangan 940 Tempat ratusan diisi bilangan . . . .
Tempat puluhan diisi bialngan . . . .
Tempat satuan diisi bilangan . . . .
4. Aku bilangan 306 Tempat ratusan diisi bilangan . . . .
Tempat puluhan diisi bialngan . . . .
Tempat satuan diisi bilangan . . . .
5. Aku bilangan 510 Tempat ratusan diisi bilangan . . . .
Tempat puluhan diisi bialngan . . . .
Tempat satuan diisi bilangan . . . .
Kunci jawaban :
1. Ratusan = 4 4. Ratusan = 3
Puluhan = 6 Puluhan = 0
Satuan = 5 Satuan = 6
2. Ratusan = 7 5. Ratusan = 5
Puluhan = 6 Puluhan = 1
Satuan = 3 Satuan = 0
3. Ratusan = 9
Puluhan = 4
Satuan = 0

B. IPA ( Buku IPA Intan Pariwara , hal : 58 )
Jawablah pertanyaaan di bawah ini !
1. Sebutkan hewan yang berkaki dua !
2. Sebutkan hewan yang berkaki empat !
3. Sebutkan 2 hewan yang hidup di air !
4. Sebutkan 2 hewan yang hidup di darat !
5. Sebutkan hewan yang hidup di darat dan di air !
Kunci jawaban :
1. Ayam, burung, itik dll.
2. Kambing, kuda, sapi.
3. Ikan, udang, ubur-ubur.
4. Ayam, jangkrik, sapi.
5. Katak, buaya.

Bank soal Kelas 1 Sekolah Dasar

LEMBAR KERJA MINGGU KE-1


Pertemuan ke - 1
A. MATEMATIKA ( Soal hal : 3 )
Isilah titik-titik di bawah ini !
Pada bilangan 456 :
1. Nilai tempat angka 4 adalah ratusan dibaca . . . .
2. Nilai tempat angka 5 adalah ratusan dibaca . . . .
3. Nilai tempat angka 6 adalah ratusan dibaca . . . .
4. 146 = . . . ratusan + . . . puluhan + . . . satuan
5. 263 = . . . ratusan + . . . puluhan + . . . satuan
Kunci jawaban :
1. empat ratus
2. lima puluh
3. enam
4. 1 ratusan + 4 puluhan + 5 satuan
5. 2 ratusan + 6 puluhan + 3 satuan

B. BAHASA INDONESIA ( Penerbit : Intan Pariwara, hal : 102 )
Bentuk tes : Perbuatan
1. Dengarkan pesan pak guru yang disampaikan kepada Andi!
2. Coba sampaikan pesan pak guru kepada temanmu dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar!
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Siapa nama adikmu? ....
2. Dimana alamat rumahmu? ....
3. Siapa nama ayahmu?
4. Ada berapa saudaramu?
5. Siapa saja yang tinggal di rumahmu?
Kunci jawaban : (sesuai kebijakan guru)


C. Ilmu Pengetahuan Sosial ( Penerbit : Cempaka Putih, hal : 21 )
Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Setiap keluarga terdiri dari ....
2. Kedudukan ayah sebagai ....
3. Kedudukan ibu sebagai ....
4. Beri contoh peristiwa penting!
5. Keluarga Ima kena musibah gempa bumi, yang dikerjakan mereka adalah ...
Kunci jawaban :
1. ayah, ibu, dan anak.
2. kepala keluarga
3. ibu rumah tangga
4. ulang tahun
5. mereka tinggal di tenda, kemudian membersihkan puing-puing

Pertemuan ke - 2
A. MATEMATIKA ( Penerbit : Cempaka Putih, hal : 3 )
Kerjakan soal di bawah ini!
1. Pada bilangan 456, nilai tempat angka 4 adalah ....
Nilainya ....
2. Angka 3 pada bilangan 354 menempati tempat ....
3. Angka 6 pada bilangan 567 menempati tempat ....
4. Angka 7 pada bilangan 567 menempati tempat ....
5. Bilangan 140 dibaca ....
Kunci jawaban :
1. ratusan
2. ratusan
3. puluhan
4. satuan
5. seratus empat puluh


Pertemuan ke - 3
A. MATEMATIKA ( Penerbit Cempaka Putih, hal : 2 )
Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Seratus empat puluh satu ditulis dengan lambang bilangan ....
2. Empat ratus lima puluh enam ditulis dengan lambang bilangan ....
3. 264 dibaca ....
4. 375 dibaca ....
5. Lima ratus ditulis dengan lambang bilangan ....
Kunci jawaban :
1. 141
2. 456
3. dua ratus enam puluh empat
4. tiga ratus tujuh puluh lima
5. 500

B. BAHASA INDONESIA ( Penerbit Intan Pariwara, hal : 26 )
Pagi yang Ceria
Pagi hari pun tiba
Semua bersuka cita
Burung-burung bernyanyi ria
Ayam jantan berkokok gembira
Semua itik berenang bercanda ria
Aku pun ikut bahagia
Menyambut pagi yang ceria

Jawablah pertanyaan di bawah ini :
1. Apa judul puisi itu?
2. Apa yang kamu dengar di waktu pagi?
3. Apa yang dilakukan itik?
4. Apa makanan burung?
5. Pada pagi hari Matahari tampak di sebelah mana?

Kunci jawaban :
1. Pagi yang ceria.
2. Ayam jantan berkokok, burung bernyanyi.
3. Berenang bercanda ria.
4. Buah-buahan dan biji-bijian.
5. Timur.

Pertemuan ke - 4
A. BAHASA INDONESIA ( Penerbit Intan Pariwara, hal : 16 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Pada pukul berapa kamu bangun tidur?
2. Apa yang kamu kerjakan setelah bangun tidur?
3. Berapa kali kita mandi dalam sehari?
4. Supaya badan sehat, kita makan sehari berapa kali?
5. Sebelum berangkat sekolah kita harus .... kepada orang lain.
Kunci jawaban :
1. 05.00
2. Merapikan tempat tidur, mandi.
3. 2 kali
4. 3 kali
5. Minta izin.

B. IPA ( Penerbit Intan Pariwara, hal : 7 )
Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Bagian-bagian utama tumbuhan adalah ....
2. Bagian tumbuhan untuk menyerap air dalam tanah adalah ....
3. Ikan bernafas menggunakan ....




















4. Sebutkan bagian-bagian tubuh itik ....
5. Manfaat memelihara hewan ayam adalah ....
Kunci jawaban :
1. Akar, batang, daun, bunga, buah.
2. Akar.
3. Insang.
4. Kaki, ekor, sayap, leher, kepala, mata, paruh.
5. Diambil dagingnya, diambil telornya.

C. IPA ( Penerbit Cempaka Putih, hal : 2-3 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Bagaimana Riza, Ari, Ida dan Mira pada saat berangkat ke sekolah?
2. Bagaimana cara Riza, Ari, Ida, dan Mira belajar di rumah?
3. Pada saat berangkat ke sekolah, Ida jatuh tersandung batu.
Apa yang dilakukan teman-temannya?
4. Setelah jatuh tersandung batu, bagaimana Ida bisa sampai ke sekolah?
5. Apa yang dilakukan Ibu Guru kepada Ida?
Kunci jawaban :
1. Berangkat bersama-sama.
2. Mereka belajar kelompok.
3. Segera menolong.
4. Ari dan Mira memapah Ida.
5. Bu Guru mengobati luka Ida.

Pertemuan ke - 5
A. BAHASA INDONESIA ( Penerbit Intan Pariwara, hal : 30 )
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Jam berapa kalian berangkat ke sekolah?
2. Kalian sekarang duduk di kelas berapa?
3. Apa tugas kalian di sekolah?
4. Siapa yang mengajar di kelas dua?
5. Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab siapa?
Kunci jawaban :
1. Pukul 06.30
2. Kelas II
3. Belajar
4. Bu Wika
5. Anak-anak

B. Matematika ( Penerbit Cempaka Putih, hal : 3 )
Selesaikan soal di bawah ini!
1. 367 = 300 + 60 + 7
2. 248 = .... + .... + ....
3. 179 = .... + .... + ....
4. 498 = .... + .... + ....
5. 256 = .... + .... + ....
C. Ilmu Pengetahuan Alam
Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Yang dimaksud tumbuh pada hewan adalah ....
2. Yang dimaksud tumbuh pada tumbuhan adalah ....
3. Tanaman yang batangnya bercabang adalah ....
4. Tanaman yang batangnya tidak bercabang adalah ....






5. Jelaskan pertumbuhan kambing!
Kunci jawaban :
1. Bertambah besar.
2. Bertambah besar dan tinggi.
3. Mangga, cabe, rambutan, dan lain-lain.
4. Kelapa, jagung, tebu, dan lain-lain.
5. Anak kambing, kambing muda, kambing dewasa.

RPP IPA Kelas IV Untuk Sekolah Dasar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran                 :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester              :     IV / I
Pertemuan                        :     1 dan 2
Alokasi Waktu                 :     4 x 35
Standar Kompetensi         :     1.     Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar            :     1.1.  Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
Indikator                          :     1.     Mengidentifikasi 3 bagian rangka
                                                      Menjelaskan fungsi rangka
           

I.      Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian utama rangka
2.   Siswa dapat menjelaskan fungsi rangka manusia

II.    Materi Pokok
-     Rangka manusia dan fungsinya

III.   Metode
-     Tanya jawab
-     Observasi gambar

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

TAHAP
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT DAN MEDIA
WAKTU
Pendahuluan


















  


Kegiatan inti


















    






Penutup







v     Berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk
v     Pre test


·        Apersepsi
Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa “Anak-anak,bagaimana ubuh kita dapat berdiri dengan tegak?ya benar,karena tubuh kita memiliki tulang.
·        Motivasi
Guru memberikan gambaran tentang manfaat Rangka bagi manusia

·        Tujuan
Setelah pembelajaran ini selesai diharapkan siswa dapat mengidentifikasi Rangka Manusia

Elaborasi

·            Guru menjelaskan dengan tayangan power point tentang cerita bergambar bertema kesehatan,dalam power point tersebut  terdapat gambar  dan paparan tentang rangka dan tulang manusia
·            Dengan bantuan guru,siswa dapat menyebutkan macam macam rangka dan fungsinya sesuai gambar tersebut



RANGKA MANUSIA

TENGKORAK
RANGKA ANGGOTA GERAK ATAS
RANGKA ANGGOTA GERAK BAWAH


RANGKA BADAN


·            Guru menjelaskan salah satu fungsi rangka bagi kehidupan manusia
·            Siswa bersama guru berdiskusi tentang peran dan fungsi masing-masing rangka baik tengkorak,anggota gerak dan rangka badan manusia.
·            Guru menggambarkan bahwa disekirar kita terdapat bermacam-macam penyakit dan kelainan  yang mungkin dapat menyerang rangka manusia

EKSPLORASI
.
·            Guru menugaskan kepada siswa untuk mencatat berbagai manfaat rangka  seperti  yang terdapat tayangan power point.
·            Guru menghyperlinkan power pointnya dengan video tentang lagu aku anak sehat.
·            Anak-anak bersama menyanyikan lagu aku anak sehat  tersebut

Ø         Guru membagikan lembar evaluasi
Ø         Siswa mengerjakan soal evaluasi

KONFIRMASI

Ø         Guru memberikan pekerjaan rumah materi yang telah disampaikan diatas.


Laptop,LCD,Gambar Aktifitas Rangka dan tulang manusia,LKS dan Lembar Evaluasi
5 Menit





















25 Menit
























5 menit

V.    Penilaian
-     Tertulis
-     Lisan


VI.   Alat / Bahan belajar
-     Gambar rangka manusia
-     Buku sains
-     Guru dan anak / siswa
-     LK (Lembar Kerja)


Lembar Kerja 1
Tertulis :
                                                      1. ….
Bagian rangka utama manusia          2. ….
                                                      3. ….
Rangka kepala terdiri dari tulang apa saja ?

Lisan :      1. Guna rangka kepala yaitu ….
                2. Untuk melindungi kepala, pengendara sepeda motor memakai …
                3. Tulang anggota gerak atas yaitu ….
                4. Dimana gigi-gigi kita menempel ?


Lembar Kerja 2
No
Nama Rangka / Tulang
Fungsinya
1.
2.
3.
4.
5.
Rangka kepala
Rangka dada
Tulang belakang
Rangka anggota gerak bawah / kaki
Tulang pipi


                                                                                                        Purwokerto,      2010
                  Mengetahui ;                                                                          Guru kelas
                Kepala Sekolah



             SRI UTAMI,S.Pd                                                                S U N A R Y O
      NIP. 196303251983042001                                                NIP. 197602072005011004


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran                 :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester              :     IV / I
Pertemuan                        :     3 dan 4
Alokasi Waktu                 :     4 x 35
Standar Kompetensi         :     1.     Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar            :     1.2.  Menerapkan cara memelihara kesehata rangka
Indikator                          :     -       Menyebutkan beberapa penyakit pada rangka
                                              -       Menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
                                              -       Mempraktekkan cara merawat rangka
           
I.      Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat mengidentifikasi beberapa penyakit rangka
2.   Siswa dapat menjelaskan cara penanggulangan penyakit yang berkaitan dengan rangka
3.   Siswa dapat mempraktekkan cara merawat rangka

II.    Materi Pokok
-     Penyakit rangka dan cara penanggulangannya

III.   Metode
-     Tanya jawab
-     Demontsrasi

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

TAHAP
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT DAN MEDIA
WAKTU
Pendahuluan


















  


Kegiatan inti


















    






Penutup







A.Berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk
B.Pre test


·        Apersepsi
Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa “Anak-anak,Siapa diantara yang pernah melihat nenek-nenek atau kakek-kakek berjalan bongkok dengan tongkatnya,mengapa demikian,?
·        Motivasi
Guru memberikan gambaran tentang bermacam-macam penyakit yang menyerang tulang manusia

·        Tujuan
Setelah pembelajaran ini selesai diharapkan siswa dapat mengidentifikasi penyakit yang menyerang tulang manusia.

Elaborasi

·            Guru menjelaskan dengan tayangan power point tentang cerita bergambar bertema kesehatan,dalam power point tersebut  terdapat gambar tentang penyakit yang menyerang rangka dan tulang manusia.
KIFOSIS
SKOLIOSIS
LORDOSIS
OSTEOROPOSIS

·            Dengan bantuan guru,siswa dapat menyebutkan macam macam penyakit yang menyerang rangka dan tulang manusia sesuai gambar tersebut
·            Guru menjelaskan tentang penyakit dan kelainan pada rangka dan tulang manusia.
·            Siswa bersama guru berdiskusi tentang berbagai sebab penyakit dan kelainan pada rangka dan tulang manusia manusia.
·            Guru menggambarkan bahwa disekirar kita terdapat bermacam-macam penyakit yang mungkin dapat menyerang rangka dan tulang manusia

EKSPLORASI
.
·            Guru menugaskan kepada siswa untuk mencatat berbagai jenis penyakit dan kelaianan seperti  yang terdapat tayangan power point.
·            Guru menghyperlinkan power pointnya dengan video tentang lagu bertema kesehatan
·            Anak-anak bersama menyanyikan lagu bertema kesehatan tersebut

Ø         Guru membagikan lembar evaluasi
Ø         Siswa mengerjakan soal evaluasi

KONFIRMASI

Ø         Guru memberikan pekerjaan rumah materi yang telah disampaikan diatas.


Laptop,LCD,Gambar Aktifitas,penyakit   Rangka dan tulang mabusia,LKS dan Lembar Evaluasi
5 Menit





















25 Menit
























5 menit